Perkembangan Balita di Usia 22 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 22 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 22?

Anak Anda saat ini berusia 22 bulan. Ia mungkin ingin mendorong mainan beroda di lorong atau banyak berpendapat tentang yang ia inginkan. Jika Anda mengganggu pikirannya atau menghalanginya mendapatkan yang ia inginkan, ia akan segera bereaksi. Anak usia ini sangat emosional. Ia akan menunjukan ekspresi frustrasi juga menunjukan rasa bahagia saat mendapatkan yang ia inginkan. Hal ini berhubungan dengan usahanya untuk mandiri.
Pengalihan perhatian adalah kuncinya. Karena masa atensi anak 22 bulan sekitar 10 menit atau kurang, mengalihkan atau menyelanya dapat membuatnya lupa dengan ide keras kepalanya dan berpindah ke hal lain yang lebih tidak berisiko. Kadang-kadang memindahkan anak Anda ke ruangan lain, khususnya ke luar rumah, akan membuatnya berubah 180 derajat. Ia juga mungkin menghentikan apapun yang sedang dilakukannya demi mengambil perhatian Anda.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 22?

Memuji usahanya, bukan hanya pencapaiannya, dapat membantunya belajar mengatasi kekecewaan. Misalnya, jika ia sedang kesulitan melakukan sesuatu dan terlihat frustrasi, Anda dapat berkata, “Ibu tahu memang sulit mengenakan sepatu, dan kamu sudah mencobanya dengan keras.” Atau,”Kamu terlihat kesal. Apa yang bisa ibu bantu?” Campur kegiatan menantang dengan kegiatan yang menaikan rasa percaya dirinya, seperti menumpuk balok atau membantu Anda menyiram tanaman. Cobalah jangan terlalu terburu-buru membantunya jika ia sedikit kecewa. Terlalu campur tangan untuk anak Anda dapat membuat ia ketergantungan dan menghilangkan kepercayaan dirinya. Tantangan Anda yaitu untuk menyeimbangkan niat Anda dalam membantu dan melindungi anak Anda, dengan kebutuhannya untuk mengerjakan tugas baru.
Cara anak Anda untuk mencari perhatian Anda mungkin tidak efektif. Tetaplah bersama dengan anak Anda dengan membatasi aktivitas yang menyibukkan diri Anda sendiri kecuali saat ia tidur siang atau sedang asyik bermain. Saat Anda sibuk, tetap berkontak dengan membelai rambutnya, menatap matanya,  serta senyum padanya. Berkata “tunggu sebentar” kurang efektif karena anak 22 bulan Anda tidak mengerti berapa lama “sebentar” itu. Dan 1 menit terasa seperti lama sekali. Lakukan pengecekan cepat untuk memastikan ia tidak butuh hal lain selain perhatian Anda, misalnya ganti popok.
Jika Anda ingin anak Anda mencoba makanan baru, tetap berikan porsi kecil jadi ia tidak merasa bingung. Coba sajikan makanan yang ia tidak suka dalam sajian yang berbeda. Jangan pernah memaksa anak Anda untuk merasakan sesuatu atau menghabiskan makanannya. Lagi pula, bahkan orang dewasa pun punya makanan yang mereka tak suka.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 22?

Sudah hampir waktunya untuk kontrol di usia 24 bulan. Anda harus memberi tahu dokter jika ada masalah darurat.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 22?

Yang harus Anda ketahui adalah anak Anda mungkin memiliki alergi terhadap binatang. Jika Anda memelihara hewan di rumah seperti kucing atau anjing, Anda harus waspada dengan gejala dan tanda berikut:
  • Bersin
  • Mata gatal, berair
  • Pilek
  • Kongesti
Jika anak Anda mengalami gejala ini, Anda harus memberitahukan dokter.
Dokter mungkin menawarkan suntikan alergi yang menargetkan alergen spesifik jika anak Anda tetap mengalami gejala setelah Anda menyingkirkan hewan peliharaan dan menggunakan obat.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 22?

Anda mungkin mencemaskan mengenai gigi anak Anda. Beberapa gejala dan tanda yang berhubungan dengan gigi adalah rewel, diare, dan demam ringan. Jika anak Anda mengalami masalah gigi, berikut gejala yang mungkin paling sering dialami:
  • Mengiler (yang dapat menyebabkan ruam wajah)
  • Pembengkakan dan sensitivitas gusi
  • Rewel atau gelisah
  • Suka menggigit
  • Menolak makanan
  • Gangguan tidur
Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?