Perkembangan Balita di Usia 23 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 23 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 23?

Anak Anda mungkin saat ini belajar sekitar 10 kata baru dalam sehari. Berikut adalah beberapa kemampuan bahasa yang anak Anda bisa di usia hampir 2 tahun ini:
  • Membentuk kalimat terdiri dari 2 hingga 4 kata (“Burung terbang tinggi”)
  • Menyanyikan lagu sederhana
  • Mengikuti instruksi sederhana
  • Menggunakan kata ganti orang (aku, dia, kamu) walaupun tidak selalu benar
  • Mengulangi kata-kata yang ia dengar dalam perbincangan
  • Mengenal nama orang, benda, dan bagian tubuh
Pertumbuhan si kecil terlihat lebih lambat dibandingkan dengan tahun pertamanya. Berat badan anak menjadi 3 kali berat badan lahirnya saat usia 1 tahun, namun hanya bertambah 1.4 kg pada tahun kedua. Sekarang, balita Anda juga tidak terlihat seperti bayi lagi. Ia sudah gesit, aktif, dan lemak bayinya telah hilang.
Caranya memegang tubuh dan bergerak juga berubah. Gerak-gerik balita berkembang menjadi lebih halus, dengan langkah yang lebih terkoordinasi. Seiring dengan ulang tahunnya yang kedua, kebanyakan anak dapat menarik mainan di belakangnya dan membawa barang saat mereka berjalan, dan mereka akan berlari. Semakin besar, anak Anda akan dapat mencapai tempat yang tidak Anda sangka-sangka. Ia dapat memanjat bangku, meja, dan loker, membuka kotak yang tidak pernah ia suka sebelumnya, dan bergerak ke area berbahaya (kolam renang, sumur) lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 23?

Untuk mendorong anak Anda bicara dan menggunakan lebih banyak kata, Anda dapat mendukungnya dengan melakukan hal berikut:
  • Membaca berbagai buku. Buku yang variatif akan membantu anak Anda mengenal lebih banyak kata.
  • Ubah kata-kata atau frase anak Anda ke dalam sebuah kalimat. Misalnya saat ia berkata “tambah susu,” Anda dapat berkata,”Kamu ingin menambah susu ke dalam cangkirmu.”
  • Saat Anda membaca bersama, Anda dapat menstimulasi perkembangan anak Anda dengan menanyakan pertanyaan mengenai buku tersebut. Anda dapat menunjuk ke gambar di buku dan tanyakan padanya gambar apa itu.
  • Saat Anda berjalan-jalan atau menyetir, Anda dapat menunjuk sembarang benda dan menjelaskan pada anak Anda benda apa itu.
Sangat penting untuk terus bercakap-cakap dengan anak Anda, walaupun terkadang terlihat seperti Anda berbicara sendiri.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 23?

Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Anda hanya harus cemas jika ada perubahan mendadak pada perilaku, kebiasaan makan atau tidur anak Anda. Mendiskusikan masalah ini dengan dokter sangat penting, walaupun Anda berpikir ini hanyalah hal kecil.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 23?

Anda mungkin menyadari anak Anda tak suka berpisah dengan Anda. Masa ini dapat datang dan pergi. Anda harus tahu bahwa ini normal. Ada beberapa pencetus yang dapat menyebabkan si kecil mengalami separation anxiety. Misalnya pengasuh baru, anggota keluarga baru, atau ia berpikir Anda bersenang-senang tanpanya. Cara terbaik mengatasi ini yaitu dengan memberi salam perpisahan dengan lembut. Anda tidak boleh meninggalkannya tanpa mengucapkan pamit. Ini hanya akan memperburuk situasi. Pergi diam-diam dan tidak berpamitan hanya akan membuat anak Anda merasa ditinggalkan. Jangan cemas, anak Anda akan dapat mengatasi keadaan cemas ini. Jika Anda tidak melihat adanya perbaikan, beritahukan pada dokter. Dokter mungkin dapat membantu Anda mengetahui pemicunya.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 23?

Anda mungkin cemas mengenai tindakan anak Anda dalam keramaian, khususnya saat di supermarket, pesawat, atau di restoran. Amarah anak Anda tidak dapat diprediksi. Kadang-kadang Anda merasa tidak punya kendali. Ini normal. Anda perlu menjelaskan dengan tegas bahwa perilakunya tidak sesuai. Mungkin hal ini tidak hilang dalam beberapa kali saja, namun mereka akhirnya akan mengerti bahwa mereka perlu memperbaiki sikapnya.
Saat lelah atau lapar dapat memicu amarah bagi anak. Jika ini terjadi pada anak Anda, sebaiknya ambil tindakan untuk mencegahnya ngamuk di keramaian. Anda dapat membawa makanan ringan di tas dan pastikan ia tidak melewatkan tidur siangnya.
Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?