Perkembangan Balita di Usia 24 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 24 bulan?



Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 24?

Balita Anda saat ini berusia 2 tahun. Ada banyak pencapaian yang telah ia lakukan hingga saat ini. Anak Anda mungkin sudah mampu memakai atau melepas pakaiannya sendiri. Ia juga dapat memilih apa yang ia ingin pakai. Hal ini menunjukkan kemampuan koordinasi dan kemandirian yang kuat.
Kemampuan motorik anak Anda juga meningkat. Ia sudah merasa percaya diri dalam bergerak. Ia mungkin sudah dapat membungkuk dan mengambil sesuatu dari lantai. Ia juga mungkin dapat meloncat-loncat atau jinjit.
Di usia 2 tahun, anak Anda akan mengerti konsep benda dan hubungannya dengan sekitar. Ia mulai lebih mengerti tentang ukuran benda dan hubungannya dengan benda lain. Ia mungkin dapat mengikuti perintah tertentu, seperti “ambilkan bola yang di ujung” atau “lihat ke atas kasur.”

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 24?

Anda dapat mendukung anak Anda dengan membelikan pakaian dengan sedikit kancing, atau pakaian dengan kaitan, untuk membantunya belajar memakai pakaiannya sendiri. Balita Anda akan melakukan yang terbaik dalam memakai celana, baju dan sepatunya. Dengan memenuhi laci baju berisi pakaian yang mudah dikenakan, Anda lebih mudah di pagi hari. Kenalkan tantangan baru berupa satu kancing besar sesekali.
Anda juga dapat mendukungnya dengan pengertian baru. Anda dapat melakukannya dengan:
  • Membicarakan orang dalam hidupnya yang sedang tidak bersamanya: “Ayah sedang bekerja.” “Nenek tinggal di tempat yang jauh.”
  • Berikan serangka instruksi sederhana  yang menggunakan berbagai aturan, seperti pertama menaruh mainan di bangku, lalu di bawah bangku, dan lalu mengembalikannya pada Anda.
  • Tanyakan mengenai lokasi padanya: “Di mana burung tinggal?” “Di mana pesawat terbang?” “Di mana pintu?” Jangan selalu mengharapkan jawaban yang benar  atau mengubahnya menjadi kuis; beri pertanyaan seperti bagian dari percakapan sehari-hari.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 24?

Kontrol di usia 2 tahun sangatlah penting. Dokter akan memeriksa kesehatan umum anak dan memastikan anak Anda berkembang sesuai usianya. Untuk membantu dokter mengevaluasi dengan tepat, Anda harus mendiskusikan dengan dokter hal berikut ini:
Kebiasaan tidur anak Anda
Kebanyakan anak usia ini tidur sekitar 11 jam di malam hari dan tidur siang selama 2 jam. Beberapa anak tidak mau tidur siang, lebih suka tidur malam yang lebih panjang. Jika anak Anda terbangun karena mimpi buruk, beritahukan pada dokter. Mimpi buruk atau night terror sering terjadi pada masa ini, namun dokter mungkin akan menyarankan cara Anda menenangkan anak Anda.
Kebiasaan makan anak Anda
Hingga saat ini Anda masih dapat membatasi jumlah makanan manis yang dimakan oleh anak Anda, namun jika ia menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anak lain, ia mungkin lebih tertarik dengan makanan cepat saji. Jika anak Anda terus makan makanan manis, bicarakan dengan dokter, yang mungkin memiliki saran tentang beberapa camilan sehat atau dapat meringankan kecemasan Anda tentang pola makan anak.
Cara anak Anda berjalan
Banyak anak berjalan mengangkang di usia ini karena kakinya masih berkembang, namun biasanya normal dengan sendirinya di usia 7 tahun.
Aktivitas fisik anak Anda
Saat ini anak lebih dapat mengendalikan tangan dan kakinya, dan lebih terkoordinasi. Ia tidak sulit menendang bola, membangun menara balok, memanjat barang, meloncat, dan naik turun tangga. Pastikan ia memliki banyak kesempatan untuk bergerak dan menjelajah.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 24?

Dokter akan mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak Anda. Berdasarkan Centers of Disease and Control (CDC), ukuran anak Anda dalam rentang berikut ini:
  • Berat badan: 10.7kg hingga 15.5kg (laki-laki), 10kg hingga 14.5kg (perempuan)
  • Tinggi badan: 82.5cm hingga 93.3cm (laki-laki), 80cm hingga 91.4cm (perempuan)
  • Lingkar kepala: 46.4cm hingga 50.8cm (laki-laki), 45.7cm hingga 49.5cm (perempuan)
Dokter akan menghitung indeks massa tubuh (IMT). IMT mengukur lemak tubuh. Jika IMT anak Anda persentil 85 hingga 94 artinya anak Anda overweight (gemuk). Jika dokter mengatakan IMT pada persentil ≥95, artinya anak Anda obesitas. Anda harus selalu bicarakan dengan dokter tentang kecemasan Anda atau klarifikasi lebih lanjut. Jangan merasa tidak enak. Semua angka ini memang membingungkan.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 24?

Sebagai ibu, Anda akan selalu mencemaskan bagaimana perkembangan dan makan anak Anda. Di usia ini Anda mungkin berharap bisa berbincang lebih lama dengan anak Anda. Anda tidak sendirian. Ada beberapa anak yang terlambat bicara. Mungkin ini menjadi kecemasan bagi Anda namun kami di sini memberi tahu Anda untuk berhenti khawatir.
Setiap anak berkembang dengan kecepatan berbeda-beda. Di usia 2 tahun, anak Anda seharusnya dapat bicara lebih dari 50 kata dan menggunakan 2 kata dalam sebuah kalimat. Jika anak Anda belum mencapai ini, tunggu hingga bulan depan. Jika belum terjadi hingga beberapa bulan, Anda boleh cemas dan diskusikan dengan dokter.
Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?