Perkembangan Balita di Usia 21 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 21 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 21?

Anak Anda saat ini berusia 21 bulan. Anak Anda mungkin sangat aktif dan tahu cara berlari. Mereka bahkan mungkin mencoba jalan mundur atau naik tangga. Ini hebat! Ia membentuk ototnya, koordinasi mata-tangan, dan keseimbangan. Jika Anda melihat anak Anda duduk tenang, jangan terlalu cemas. Kadang-kadang anak Anda butuh waktu untuk melihat dan mengerti lingkungannya. Kebanyakan anak akan menghabiskan sekitar 20% harinya untuk duduk diam. Beri tahukan dokter jika anak Anda tidak aktif sama sekali.
Anak Anda mungkin mampu menumpuk balok untuk membangun menara atau mencoret-coret kertas bahkan dinding. Hal ini menunjukan perkembangan kemampuan motoriknya.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 21?

Cara terbaik untuk mendukung anak Anda yaitu dengan membebaskannya lari dan terjatuh. Sebagai ibu, memang sulit membiarkannya. Anda tidak pernah ingin melihat anak Anda terluka. Namun semakin sering ia terjatuh, semakin sering pula ia akan bangkit kembali. Ini adalah cara terbaik anak Anda belajar dan berkembang.
Anak Anda akan ingin untuk menggambar atau mencoret-coret. Anda harus mendukungnya dengan memberikan kertas kosong dengan krayon. Jika Anda memilih spidol, pastikan dapat dicuci. Anda dapat membantu si kecil menjadi kreatif.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 21?

Jika balita Anda tidur mendengkur, atau bernapas dari mulut, beri tahukan pada dokter. Jika anak Anda mengalami masalah tidur karena tonsil atau tenggorokannya bengkak, dokter akan menganjurkan untuk diangkat. Pengangkatan tonsil merupakan solusi sederhana untuk masalah tidur anak Anda.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 21?

Cara teraman dan paling efektif untuk memberikan obat saat anak Anda tidak suka rasa, bentuk, atau baunya yaitu:
  • Tambahkan satu sendok gula atau jus pada obat
  • Campur obat dalam segelas susu atau jus
  • Campur obat dalam yogurt kecil atau saus apel
  • Berpura-pura bahwa obat itu adalah permen
  • Gunakan semprotan oral atau tetesan obat
  • Mintalah obat lain pada dokter
Jika anak Anda tetap menolak minum obat karena rasa, bicarakan dengan dokter atau apoteker. Anda juga dapat meminta dokter untuk memberikan bentuk tablet yang bisa digerus atau dicampurkan dalam yogurt makanan manis lain.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 21?

Yang mungkin harus Anda cemaskan adalah night terror. Night terror berbeda dari mimpi buruk. Saat night terror, mata anak Anda mungkin terbuka, dan ia akan berkeliling, biasanya disertai mengamuk, menangis, dan berteriak. Night terror jarang terjadi, namun menakutkan saat anak Anda mengalaminya. Umumnya Anda tidak dapat membangunkan atau menenangkannya dengan mudah, sehingga membuat Anda tidak berdaya. Dan anak Anda seperti bangun, namun sebenarnya tidak.
Jangan khawatir. Meski begitu, night terror tidak berbahaya. Tenangkan si kecil saat serangan night terror. Meski begitu jangan memaksa kontak fisik atau coba menahannya. Tetap dekat, tenang, dan pastikan ia tidak melukai dirinya sendiri. Ia akan segera tidur nyenyak kembali.
Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?