Perkembangan Balita di Usia 20 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 20 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 20?

Saat usia 20 bulan, anak Anda mulai bisa menggunakan satu hingga dua kalimat. Ia akan sangat ingin tahu dengan buku. Ini adalah cara yang tepat untuk mendorongnya membaca. Ia bahkan dapat mempunyai buku favorit yang ia ingin Anda bacakan. Ia mungkin dapat menunjuk beberapa gambar di buku. Ini tanda yang baik akan perkembangan kemampuan komunikasi dan kognitifnya.
Anda juga dapat mengetahui perkembangan kemampuan motoriknya dengan membiarkannya memegang bukunya sendiri. Ini adalah pencapaian yang baik. Ia juga mungkin dapat membalik halaman bukunya sendiri. Tanda positif kecil ini adalah cara yang baik untuk mengetahui bayi Anda berkembang normal. Ia juga mungkin dapat melempar dan menendang bola.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 20?

Cara terbaik mendukung anak Anda yaitu dengan membeli buku-buku untuk dibaca selama waktu luang. Anda dapat membuat jadwal waktu baca sebelum tidur. Ini adalah cara yang tepat untuk menenangkan anak Anda sebelum tidur. Anda juga dapat menggabungkan waktu baca dengan waktu bermain, sebelum tidur siang, atau bahkan saat buang air besar.
Anda dapat memilih beberapa jenis buku seperti buku sajak atau buku menamakan gambar. Anda juga dapat membawa anak Anda ke toko buku dan melihat jenis buku apa yang ia dekati. Libatkan anak Anda dalam memilih buku. Ini akan menambah kesenangannya.
Bayi Anda mulai lebih mandiri. Ia mungkin akan mulai berteriak “Aku saja yang melakukan” atau “Aku sendiri!” Anda dapat mendukung anak Anda dengan memberinya pekerjaan rumah ringan seperti meletakkan sendok kotor di wastafel atau membersihkan tumpahannya sendiri. Ini akan memberdayakannya dan membuatnya merasa penting. Selalu berikan pujian pada setiap hal yang dilakukannya, sempurna ataupun tidak: “Wow, terima kasih sudah menaruh sendok kotornya!”

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 20?

Kunjungan kontrol selanjutnya mungkin bukan bulan ini. Anda hanya harus pergi ke dokter jika Anda tidak datang kontrol di usia 18 bulan atau jika ada keperluan darurat. Jika anak Anda aktif dan sehat, Anda dapat menunggu hingga kontrol berikutnya di usia 24 bulan.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 20?

Menjaga gigi anak Anda adalah hal yang penting. Pasta gigi yang mengandung fluoride tidak dianjurkan hingga minimal usia 2 tahun. Alasannya adalah anak usia ini belum tahu cara meludah. Sangat berbahaya jika ia menelan terlalu banyak fluoride. Anda dapat menemukan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Banyak orangtua kesulitan mengajak anak menggosok giginya. Berikut beberapa tip yang dapat membantu:
  • Biarkan anak Anda mengikuti gaya Anda. Gosok gigi Anda bersama dengan anak Anda sehingga ia juga dapat menggosok giginya. Ini dapat menjadi kegiatan favorit yang kalian lakukan bersama.
  • Lakukan meludah secara berlebihan. Banyak balita senang melakukannya saat ia sudah mahir. Tunjukan padanya cara berkumur lalu mengeluarkannya – dan biarkan ia berlatih sebanyak yang ia mau.
  • Biarkan ia berdiri di anak tangga jadi ia dapat bercermin. Lalu hitung gigi bersama saat menggosoknya.
  • Sikat gigi berbaterai atau bermusik dapat menarik anak yang enggan menggosok gigi.
  • Sikat gigi yang kecil dan lembut adalah sikat paling nyaman.
Tip ini dapat membantu anak Anda mulai menggosok gigi sendiri.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 20?

Anda mungkin mencemaskan anak yang tidak mendengarkan Anda. Mungkin mereka mengerti arti kata “tidak” namun mereka mungkin tidak selalu menuruti Anda. Ini karena mereka belum belajar mengenai pengendalian diri. Yang bisa Anda lakukan sekarang yaitu membuat rumah Anda aman untuk anak, artinya buanglah benda-benda yang sudah rusak atau pakailah pelindung empuk untuk ujung yang tajam. Hal ini akan mengurangi Anda berkata “tidak”. Saat Anda harus berkata “tidak” Anda dapat menuntun anak Anda dan menyarankannya untuk bermain permainan lain yang lebih aman. Pengendalian diri membutuhkan waktu untuk berkembang.
Perhatian lain yaitu cemas mengenai perkembangan perbendaharaan kata anak Anda. Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Sangat penting untuk menemukan petunjuk dan tahu saat harus mendukung perkembangan anak Anda. Misalnya jika Anda melihat ia menarik tangan Anda ke mainan yang ia ingin mainkan, Anda dapat mengatakan apa yang ada di pikirannya. Dengan cara ini, lain waktu ia mungkin akan menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan yang ia inginkan.
Tak sabar untuk melihat apa yang ia dapat lakukan di usia 21 bulan!