Perkembangan Balita di Usia 19 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 19 bulan?




Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 19?

Perbendaharaan kata anak akan semakin banyak seiring dengan bertambahnya usia. Kata pertama biasanya adalah benda (“kucing,””bola,””botol”), frase yang menggunakan kata benda dan kata kerja cenderung dimulai beberapa bulan setelah kata pertama: “Aku mau.” “Dadah.”
Sekarang anak 19 bulan Anda memiliki koordinasi tangan-mata dan keseimbangan yang baik, serta otot tangan dan kaki yang kuat. Ia mampu melatih kemampuan motoriknya dengan memanjat. Cara dia mengaplikasikan kemampuan motoriknya sangat tergantung dari kepribadian. Ia mungkin menjadi lebih berhati-hati dengan eksplorasinya atau bahkan menjadi bak kambing gunung yang melewati setiap rintangan yang mungkin ada, dari kursi ke tempat tidur, pagar bayi ke meja dapur. Memanjat itu menyenangkan, namun jangan abaikan keamanannya.
Anak Anda dapat saja mendadak tidak mau tidur karena ia sudah bisa membayangkan apa yang terjadi saat dirinya sedang tidur. Ia mungkin yakin saat ia berbaring di tempat tidur yang membosankan itu, ayah dan ibu sedang bersenang-senang. Hal ini sangat mengecewakan anak terutama saat ia dapat mendengar suara TV atau orang berbicara.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 19?

Ini adalah waktu yang tepat untuk bersiap toilet training. Kursi toilet model freestanding di mana kaki anak Anda menyentuh lantai adalah pilihan termudah. Jika anak sudah mahir, penggunaan alas duduk toilet untuk anak bisa dimulai, namun Anda harus memasangkannya untuknya sampai ia cukup besar dan cukup terkoordinasi untuk memasangnya sendiri dengan naik ke kursi kecil.
Walaupun anak sangat kooperatif, riang, dan ramah, terkadang ia akan merengek, mencengkeram Anda tanpa mau lepas, dan menangis. Jika mungkin, beri respon dan beri tahu anak Anda bahwa ia sedang marah. Mengertilah perasaannya, namun jangan menjadikan emosi sesaat ini sebagai hal besar. Jika ia menangis dan mendekap, berikan sedikit pelukan dan distraksi sederhana. Jika ia merengek, Anda dapat menjelaskan, “Aku tidak mengerti mengapa kamu merengek. Bisa kamu tunjukan apa yang kamu ingin?” Anak anda masih kecil dan ia tidak dapat berpikir dengan layak.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 19?

Jika Anda membawa anak yang sakit ke dokter, anak Anda mungkin akan merasa canggung bercampur dengan takut. Anak 19 bulan Anda mungkin menghubungkan dokter dengan dengan nyeri suntikan.
Datanglah ke klinik dengan membawa barang favorit dan beberapa buku untuk mengalihkan perhatiannya saat menunggu. Tanyakan pada dokter apakah  anak Anda boleh dipangku saat pemeriksaan.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 19?

Ada anak yang aktif bicara, ada juga anak yang pendiam. Saat ini terlalu dini untuk mencemaskan tentang keterlambatan bicara. Walaupun anak Anda belum bicara minimal 15 kata sekarang, tetap konsultasikan dengan dokter Anda, yang mungkin akan menganjurkan untuk pergi ke terapis bicara untuk menyingkirkan masalah lain.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 19?

Kebanyakan penyebab sakit perut dan diare Anda atau anak Anda adalah bakteri pada makanan. Anda mungkin tidak akan tahu penyebabnya, karena umumnya gejala muncul setelah 2 hari. Bakteri dalam makanan dapat berlipat ganda jumlahnya setiap 20 menit pada suhu ruangan, dan beribu bakteri hidup pada tubuh orang dewasa. Anak mungkin lebih rentan keracunan makanan karena ukuran mereka yang kecil. Pastikan dapur Anda selalu bersih, masak dengan benar dan simpan makanan di kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.