Perkembangan Balita di Usia 18 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 18 bulan?


Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 18?

Anda mungkin akan melakukan kontrol bulan ini. Dokter Anda mungkin akan bertanya hal berikut ini:
  • Bagaimana makan anak Anda? Apakah baik?
  • Apakah anak Anda aktif bergerak? Apakah ia menghabiskan cukup waktu di luar rumah?
  • Apakah anak Anda menonton TV atau menggunakan iPad? Berapa jam sehari?
Pertanyaan ini akan membantu dokter untuk menilai perkembangan perilaku anak Anda. Setiap anak tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda. Dokter akan menentukan apakah anak Anda mencapai semua tahap perkembangannya. Diskusikan dengan dokter mengenai kekhawatiran Anda.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 18?

Anak Anda mungkin sudah menerima vaksin penting. Berikut adalah beberapa vaksinasi yang perlu Anda ketahui:
  • Vaksin Difteri, tetanus, pertussis (DTaP): jika anak Anda belum menerimanya, ia akan menerima dosis keempat vaksin kombinasi yang melindungi difteri (penyakit yang dapat menyebabkan lapisan tebal menutupi belakang tenggorokan dan mengganggu pernapasan); tetanus (penyakit yang disebabkan paparan bakteri di tanah, lumpur, atau debu); dan pertusis, sebuah penyakit bakterial yang ditandai dengan batuk kasar.
  • Vaksin varisela (dikenal juga dengan chicken pox) vaccine: jika ia belum menerima vaksin ini pada kunjungan terakhir, sekarang anak Anda akan mendapatkan dosis pertama untuk melindunginya dari penyakit anak yang berpotensi serius.
  • Vaksin polio inaktif (IPV): jika ia belum mendapatkannya, anak Anda akan menerima dosis ketiga dari 4 dosis IPV, yang melindungi dari polio, penyakit virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan.
  • Vaksin hepatitis B (HepB): jika ia belum mendapatkannya, anak Anda akan mendapatkan dosis terakhir dari 3 dosis vaksin ini, yang melindungi dari hepatitis B, penyakit hati.
  • Influenza (juga disebut flu): anak Anda harus menerima vaksin ini setiap tahun, dan jika kunjungan ini kebetulan bersamaan dengan musim flu (biasanya dimulai sekitar Oktober atau November), ia akan divaksin sekarang.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 18?

Terbakar sinar matahari adalah penyebab paling sering terjadinya kanker kulit  dan semua kerusakan akibat paparan matahari dan penuaan kulit. Jadi lindungi kulit anak Anda saat di luar rumah, apapun cuacanya. Gunakan tabir surya, pakaian tertutup yang ringan, gunakan topi dan kaca mata hitam, dan tetap di tempat teduh sebisa mungkin.
Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?