Perkembangan Balita di Usia 17 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 17 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 17?

Anak Anda saat ini berusia 17 bulan. Anda mungkin mendengar suara tertentu dari anak Anda, yaitu suara teriakan. Hingga saat ini Anda berpikir Anda beruntung dan anak Anda tidak suka berteriak. Tapi tahukah Anda? Sekarang Anda adalah orangtua dari anak yang suka berteriak. Anak Anda sudah menemukan suaranya dan senang mengecek sekeras apa suaranya. Ia mungkin juga suka dengan perhatian yang ia dapat setelah berteriak. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan mengabaikannya. Semakin Anda memperhatikan, semakin ia ingin berteriak.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 17?

Seiring perkembangan lidah dan mulut anak, lafalnya akan membaik. Bantu ia dengan mengulang apa yang ia katakan. Cara ini akan memperbaiki lafal dan membantu orang lain yang berusaha memahami perkataan anak Anda, misalnya ayahnya. Dengan waktu dan kesabaran, anak hampir selalu dapat mengatasi keadaan ini.
Anak Anda dapat berteriak di telinga Anda. Jelaskan bahwa hal ini menyakiti telinga Anda dan beri tahu anak Anda bahwa Anda tidak dapat merespon kecuali ia menggunakan suara normal. Pastikan agar Anda juga tidak berteriak saat berbicara dengan anak Anda, meskipun Anda sedang marah. Anda juga dapat berkata,”Ini adalah suara luar kamu. Kita hanya boleh menggunakan suara luar saat kita bermain di taman.” Trik lain, jika Anda benar-benar ingin anak Anda memperhatikan, coba pelankan suara Anda dan berbicara dengan berbisik padanya.
Cobalah menyediakan kombinasi makanan yang cukup baik pada setiap makanan. Jika Anda menawarkan berbagai pilihan makanan sehat dari jenis makanan yang berbeda, anak Anda akan mendapatkan semua gizi yang ia butuhkan, walaupun ia makan sayur di suatu hari dan gandum di hari lain. Hal yang lebih penting dari kombinasi gizi dalam setiap makanan atau setiap hari adalah apa yang anak Anda konsumsi selama seminggu.
Jika Anda memberikan pilihan sehat, balita biasanya cukup pintar  dalam memilih gizi dan berapa jumlah yang ia butuhkan.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 17?

Anda dapat mendiskusikan dengan dokter hal-hal berikut ini:
Bagaimana tidur anak Anda?
Kebanyakan balita pada usia ini tidur selama 11 jam di malam hari dan tidur siang selama 2 jam. Tidur malam biasanya sulit karena anak lebih memilih aktif dan bermain. Anak juga dapat menolak tidur karena takut gelap atau takut sendirian.
Bagaimana makan anak Anda?
Dokter akan bertanya untuk mengetahui apakah anak Anda mendapatkan makanan seimbang dan bervariasi. Dokter mungkin menyarankan beberapa makanan ringan sehat atau cara untuk mempertahankan anak Anda untuk duduk cukup lama untuk makan karena kebanyakan anak 18 bulan benci terkurung di kursi tingginya untuk makan.
Apakah anak Anda menunjukan tanda siap toilet training?
Banyak balita mengembangkan kemampuan fisik dan kognitif untuk toilet training, seperti mampu melepas dan memakai celananya dengan mudah, antara 18 dan 24 bulan, namun beberapa anak belum memulainya hingga berusia 4 tahun.
Apakah anak Anda sudah berjalan?
Saat ini, balita Anda seharusnya melakukan langkah pertamanya. Anak belajar berjalan antara 9 dan 18 bulan. Jika ia berjalan dengan tumit atau miring ke satu sisi, beri tahukan dokter sehingga ia dapat menilai kemampuan motoriknya.
Apakah ia sering mengatakan “tidak” atau mengamuk (tantrum)?
Kebanyakan anak usia 18 bulan menemukan kebahagiaan dari berkata “tidak,” dan mereka senang menggunakan kata yang kuat ini. Ini adalah tanda kemandirian dan perkembangan bahasa.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 17?

Anda harus tahu apa yang diharapkan dari kunjungan ke dokter. Dokter Anda mungkin melakukan hal berikut ini:
  • Mengukur berat badan untuk memastikan ia tumbuh dengan sehat.
  • Memeriksa jantung dan pernapasannya.
  • Memeriksa mata dan telinganya.
  • Mengukur lingkar kepala anak Anda untuk mengetahui pertumbuhan otaknya.
  • Memberikan imunisasi seperti DtaP, Hep A, dan lain-lain yang dilewatkan pada jadwal sebelumnya.
  • Memperhatikan kesehatan anak, seperti cara melihat gejala infeksi telinga, pilek dan flu.
  • Menjawab pertanyaan Anda mengenai toilet training dan disiplin.
  • Memberikan wawasan mengenai perkembangan, emosi, dan perilaku balita.
  • Skrining anemia dan keracunan timbal dengan melakukan tes darah pada anak Anda jika memiliki faktor risiko.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 17?

Apa yang harus saya perhatikan?
Anda mungkin khawatir mengenai cedera yang anak Anda akan dapat. Cedera sering terjadi selama waktu sibuk atau waktu transisi atau stress bagi orangtua, misalnya saat kesibukan pagi, sebelum makan malam, saat pesta atau ada tamu, dan saat liburan. Ini adalah waktu saat orangtua biasanya terdistraksi dan tidak memperhatikan anak.
Di antara kecelakaan yang sering terjadi pada balita, beberapa di antaranya adalah jatuh dari jendela, dari tangga, dari meja dan kursi yang ia naiki, dan lain-lain; terbakar akibat memegang ceret dan panci panas dari kompor; keracunan.
Tetap waspada akan hal ini sehingga Anda dapat mengawasi anak Anda di sela-sela kegiatan lainnya. Anak 17 bulan sudah bisa diajak bermain di taman hanya jika Anda yakin Anda bisa terus mengawasinya sepanjang waktu tanpa meleng sedetik pun.
Mari kita lihat bagaimana anak Anda kan berkembang bulan depan.