Perkembangan Balita di Usia 29 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 29 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 29?

Bertengkar karena mainan sering terjadi pada anak prasekolah saat bermain. Mereka dapat sangat ganas melindungi barang miliknya dan mereka tidak akan berbagi begitu saja.
Tanda khusus usia ini yaitu pengulangan. Si kecil mungkin ingin makan makanan yang sama lagi dan lagi, menggunakan baju yang sama berhari-hari, atau melakukan hal yang sama persis. Ingatlah ia mencoba merasakan dunia, dan melakukan hal yang sama adalah caranya berlatih pengendalian dalam kegalauan hidup. Dengan kata lain, kebiasaan menciptakan kenyamanan.
Cara berpikirnya berkembang yang disebut representasi spasial atau berpikir simbolik. Pada dasarnya, ini berarti ia dapat melihat sesuatu dengan mata batinnya. Karena pengalaman dan kebiasaan membuat koneksi baru pada otaknya, ia lebih mahir dalam menggambarkan sesuatu: bagaimana rupa boneka favoritnya, jalan menuju rumah nenek, makanan yang ia makan kemarin, dan sebagainya.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 29?

Untuk menghindari pertengkaran, Anda harus:
  • Mencontohkan cara berbagi dan menggunakan kata “berbagi”: “Maukah kamu berbagi biskuit denganku?”
  • Meleraikan pertengkaran dengan menyingkirkan barang yang diperebutkan dan memindahkan anak ke hal lain: “Mobilnya butuh istirahat sekarang. Mau bermain gelembung?”
  • Tunjukkan anak yang lebih besar yang sedang berbagi.
  • Sembunyikan mainan kesayangannya saat anak lain datang bermain. Anak usia 2 tahun tidak ingin orang lain menggunakan benda kesayangannya.
  • Melakukan aktivitas yang melibatkan kegiatan berbagi yang setiap anak dapat lakukan, seperti bermain tanah liat atau menggambar.
  • Puji anak Anda saat ia berbagi. Pujian positif adalah guru yang hebat.
  • Bantu anak Anda menguatkan memorinya dengan menanyakan hal yang ia tahu: “Siapa nama temannya Mickey Mouse?” misalnya. Tanyakan juga hal-hal yang terjadi hari ini untuk mengingat kembali: “Tadi kamu makan es krim vanila atau coklat?” Di malam hari, minta ia ceritakan harinya, “Apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini? Ayo ceritakan pada mama!”

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 29?

Anak-anak mengisap jempol karena nyaman dan menenangkan. Anak Anda mungkin melakukan kebiasaan ini saat masih di dalam rahim dan saat bayi. Sekarang ia kembali melakukannya saat ia lelah, takut, bosan, sakit, atau sedang menyesuaikan suatu tantangan seperti memulai kegiatan harian atau sekolahnya. Ia mungkin juga melakukannya untuk membantunya merasa ngantuk saat ingin tidur atau saat akan menidurkan dirinya kembali saat terbangun tengah malam.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 29?

Bawalah anak Anda untuk kontrol gigi secara teratur untuk memastikan giginya sehat dan bersih. Jika anak Anda mengalami bau mulut, bawalah ke dokter untuk diperiksa.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 29?

Anak kecil dan orang dewasa terkadang memiliki bau mulut. Berikut kemungkinan penyebabnya:
  • Mulut kering. Jika anak Anda bernapas melalui mulut, bakteri dalam mulutnya lebih mudah berkembang.
  • Benda asing. Kacang, biji-bijian, mainan kecil, atau benda lain yang ia masukkan ke hidung dapat membuatnya bau mulut. Hal ini sering terjadi pada bayi dan balita, yang  terkenal senang memasukkan benda.
  • Kebersihan yang buruk. Bakteri normal hidup dalam mulut dan berinteraksi dengan makanan sisa di antara gigi, di garis gusi, di lidah, atau permukaan tonsil di belakang tenggorokan anak Anda. Hal ini menyebabkan bau mulut khususnya jika sisa makanan berada lama di dalam mulut.
  • Makan makanan pedas. Jika anak Anda makan seperti bawang putih dan bawang bombay, bau napasnya bisa terpengaruh.
  • Penyakit atau suatu kondisi. Keadaan seperti infeksi sinus, tonsil atau alergi musiman dapat menyebabkan bau mulut. Dan beberapa anak dengan penyakit gastroesophageal reflux memiliki bau napas busuk.
Bagaimana anak Anda bertumbuh di usia 30 bulan?