Perkembangan Balita di Usia 30 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 30 bulan?





Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 30?

Anda tidak pernah dapat memprediksi perilaku anak Anda di usia ini. Misalnya, anak yang sudah tidur tiba-tiba melompat bangun dari tidurnya pukul 03.00. Atau anak yang selalu patuh menjadi marah, keras kepala dan tidak terkendali. Dan anak yang sudah belajar toilet training tiba-tiba buang air sembarangan.
Anak prasekolah Anda memiliki mata dan telinga yang luar biasa karena ia belajar banyak hal dan pengalaman baru, ia terbiasa dengan suara, warna, ukuran dan gerakan yang Anda mungkin tidak biasa. Jangan terkejut jika mendengar ia mengikuti “kucing yang mengeong” atau “sepatu biru favoritku.”
Anda akan segera melihat beberapa perubahan pada tulisan coret-coretnya. Saat balita belajar pertama membuat tulisan di kertas (sekitar 12-15 bulan), ia hanya bisa menggenggam krayon dan ia mulai dapat membuat garis lurus dan garis lengkung sembarang, dengan pergelangan tangan bergerak paling banyak. Sekitar usia 2,5 tahun, jari-jarinya berkembang lebih terampil. Saat ini ia dapat memegang krayon di antara ibu jari dan jari lainnya. Hal ini membuatnya lebih terkendali dan dapat menggambar beberapa bentuk di atas kertas: orang-orangan dari garis, pohon, rumah.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 30?

Tahan tawa Anda jika ia salah mengeja atau membuat kesalahan. Daripada mengoreksi kesalahannya, lebih baik Anda menyebutkan kembali kata tersebut dengan cara yang benar tanpa menekankan bahwa ia salah. Lalu segera tulis di buku catatan Anda sehingga Anda tidak pernah lupa kata tersebut.
Anda mungkin belajar dengan strategi disiplin. Namun ada satu yang tidak pernah boleh Anda lakukan: jangan mengambil barang kesayangannya seperti beruang, boneka, selimut favoritnya, atau benda kesayangan lainnya sebagai hukuman. Barang kesayangan adalah simbol kekuatan Anda dan sumber kenyamanan bagi anak Anda. Tidak peduli semarah apa Anda atau seperti apa pelajaran yang ingin Anda ajarkan, Anda tidak ingin mengganggu pusat kesejahteraannya.
Berikan anak Anda banyak kesempatan untuk menggunakan barang seni. Siapkan berbagai jenis: krayon besar, pensil dan pensil warna yang besar, spidol nonpermanen, kapur jalan, cat air, tanah liat, dan sebagainya. Jangan terlalu memaksakan apa jenis karya seninya; ini adalah cara anak Anda memusatkan perhatian.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 30?

Anda tidak boleh membandingkan anak Anda dengan teman-temannya karena setiap anak tumbuh berbeda-beda. Jika ia terus belajar kata, keahlian dan konsep baru secara teratur, anak Anda baik-baik saja. Namun jika ia terlihat tersendat atau mengalami kemunduran dalam beberapa hal, bicarakan dengan dokter apakah perlu dilakukan intervensi, semakin cepat semakin baik.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 30?

Bawa anak Anda ke dokter sekarang jika Anda memiliki kecemasan mengenai tanda-tanda tidak normal. Lakukan tes darah untuk risiko anemia dan keracunan timbal.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 30?

Si kecil seharusnya sudah bisa berjalan, berlari, dan memanjat sekarang, namun ada rentang yang besar terkait dengan kemampuan motorik kasar dan halus. Contohnya, di umur ini, beberapa anak sudah dapat berdiri seimbang dengan satu kaki, melompat ke depan, dan melempar bola. Jika anak Anda belum dapat melakukan semua hal itu, ini bukan masalah. Tapi periksakan ke dokter jika ia masih belum bisa mengkoordinasikan gerakannya untuk aktivitas sederhana seperti menumpuk mainan balok atau jika ia sering jatuh (khususnya di usia 3 tahun).
Bagaimana anak Anda bertumbuh di usia 31 bulan?