Perkembangan Balita di Usia 28 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 28 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 28?

Apakah anak Anda supel atau pendiam? Di bulan ini, ia akan segera menujukan ketertarikan yang lebih pada anak lain. Ini adalah hubungan pertemanan yang sesungguhnya untuk anak Anda. Hubungan ini juga membantu latihan kemampuan sosial dan menambah variasi permainan mereka. Jika anak Anda datang ke daycare atau preschool setiap hari, ia mungkin sudah selalu bersama dengan teman favoritnya.
Anak prasekolah terlihat belajar banyak dan cepat. Tahukah Anda di usia ini anak Anda sudah memiliki bakat? Ahli pendidikan anak berkata bahwa terkadang sudah terlihat jelas sejak bayi jika seorang anak belajar lebih cepat dari anak-anak lain seusianya. Namun pada banyak anak, tanda adanya bakat tertentu tidak terlihat hingga saat sekolah dasar.
Anak Anda lebih terkendali dalam bergerak. Sekarang ia dapat bermain dengan benda kecil dengan mudah dan membangun menara balok tanpa terjatuh. Ia juga dapat berkonsentrasi lebih lama, sekitar 20 menit jika ia sudah fokus.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 28?

Untuk membantu perkembangannya dalam menjalin pertemanan:
  • Janjian playdate dengan sepupu atau anak-anak dari teman Anda. Tapi cukup 2-3 anak saja. Terlalu banyak anak dalam 1 tempat dapat membingungkan dan mengundang perkelahian. Ingat juga bawah anak-anak biasanya berkembang lebih baik saat berada dalam kelompok seusianya. Jadi, sebaiknya atur janji playdate Anda dengan teman seusianya.
  • Berikan waktu bermain yang singkat. Khususnya dengan teman baru, jangan lebih dari setengah hingga 1 jam untuk anak usia ini.
  • Campurlah usia anak dalam 1 kelompok. Anak 2 tahun dapat belajar banyak dari anak prasekolah yang sedikit lebih tua dan juga yang lebih muda.
  • Jauhkan mainan. Berlari di luar rumah atau bermain dengan benda sederhana seperti kotak kardus akan mendorong interaksi tanpa posesif dan tanpa memicu perkelahian. Gunakan kata “teman” saat membicarakan teman Anda dan anak Anda.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 28?

Jika Anda melihat anak Anda masturbasi, jangan panik. Masturbasi merupakan sesuatu yang normal dilakukan. Hal ini tidak berbahaya bagi fisik, kesehatan atau tidak berarti anak Anda menjadi maniak seks. Masturbasi pada anak kecil bukan seksual karena anak kecil tidak tahu apa itu seks. Anak kecil melakukan masturbasi karena mereka menjelajah tubuhnya.
Meski begitu, terlalu sering masturbasi mengindikasikan suatu masalah. Jika anak Anda terus masturbasi atau berlebihan, mungkin ini suatu tanda ia merasa cemas atau bingung secara emosional. Jika Anda berpikir hal yang sama, periksakan pada dokter.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 28?

Pada usia ini, Anda mungkin bertanya-tanya kapan Anda memasukan ke prasekolah. Memang terkadang membuat stres saat harus memilih prasekolah yang tepat untuk anak Anda. Berikut beberapa tips untuk memastikan sekolah yang Anda pilih akan mendukung perkembangan anak Anda.
  • Pastikan sekolah tersebut bersih. Sekolah adalah tempat berkembangbiaknya kuman. Anak prasekolah sangat mudah menyebarkan penyakit tertentu seperti flu dan kutu rambut. Anda harus bertanya seberapa sering mereka mencuci mainan dan keset.
  • Anda harus mengunjungi sekolah tersebut sehingga Anda bisa menilai lingkungan lebih baik. Apakah ada tempat bermain? Apakah kelasnya cukup besar? Untuk berapa banyak murid?
  • Bicarakan dengan guru. Sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan guru. Anda juga dapat bertanya mengenai bagaimana keseharian anak di sekolah.
Ada banyak metode mengajar dan jenis sekolah. Anda harus menemukan yang terbaik untuk anak Anda.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 28?

Jangan terlalu sering membiarkan anak menonton televisi. Di bawah 2 jam sehari untuk anak usia 2 tahun masih tidak apa-apa. Namun ingatlah bahwa terlalu banyak menonton TV disinyalir sebagai salah satu penyebab lambatnya perkembangan bahasa, kegemukan, dan masalah atensi.
Memang melelahkan untuk selalu waspada setiap saat mengawasi anak Anda. Namun anak usia 1 dan 2 sangat rentan dengan kejadian seperti tenggelam dan keracunan. Jadi berhatilah-hatilah di waktu kritis saat insiden pada anak biasanya terjadi, yaitu: kesibukan pagi hari, sebelum makan malam, saat pesta, liburan, saat Anda kedatangan tamu, atau jika Anda sedang terburu-buru. Ini adalah waktu Anda sering terdistraksi.
Bagaimana anak Anda bertumbuh di usia 29 bulan?