Perkembangan Bayi di Usia 1 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 1 Minggu





Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di usia 1 minggu?

Di masa perkembangan bayi 1 minggu ini, Anda dan pasangan baru saja resmi sebagai orangtua. Perasaan yang muncul campur aduk, tapi tentu saja rasa bahagia dominan di dalamnya. 
Nah, pada perkembangan bayi 1 minggu ini, si kecil mungkin terlihat sedikit aneh dengan lengan dan kaki yang tidak sepenuhnya terulur. Jangan khawatir, kondisi ini termasuk normal. Setelah 9 bulan berada di dalam janin, bayi Anda memerlukan waktu untuk meregangkan otot. 
Berat rata-rata bayi yang baru lahir umumnya sekitar 3,5 kg dan panjang rata-rata 50 cm. Berat badan bayi yang baru lahir sebenarnya bisa beragam antara 2,5-4,5 kg dan panjang antara 48-51 cm. Anda tidak perlu terlalu cemas tentang angka, selama gerak bayi masih normal. Yang perlu Anda perhatikan adalah merencanakan pola makan sehat dan membesarkan bayi Anda dengan penuh kasih sayang.

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya?

Pada perkembangan bayi 1 minggu ini, si kecil masih sulit membiasakan diri dengan apa pun di sekitarnya. Bayi Anda perlu waktu untuk terbiasa dengan dunia baru. Disarankan untuk menjaga bayi tetap hangat dengan menyelimuti bayi di minggu pertama. Gendong bayi dekat dengan dada Anda. Kontak kulit dan kehangatan dari Anda akan membuat bayi merasa aman. Detak jantung ibu juga akan membantu menenangkan bayi Anda.

Kesehatan Bayi Usia 1 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter?

Sesaat setelah dia lahir, bayi Anda akan diperiksa kesehatan dan perkembangannya. Anda harus laporkan pada dokter jika bayi mengalami gejala seperti sakit kuning atau jamur di mulut. Kebanyakan bayi yang baru lahir terkena penyakit ini sehingga Anda tidak perlu cemas. Namun, tindakan terbaik adalah membawa bayi Anda ke dokter yang akan memeriksa, mendiagnosis, dan memberikan perawatan yang tepat.

Apa yang harus saya ketahui?

Di masa perkembangan bayi 1 minggu ini, umumnya orangtua baru akan cemas dan sedikit kewalahan dalam menjaga atau merawat bayi. Akan tetapi jangan khawatir, ini umum dan normal. Nantinya Anda juga akan terbiasa merawat bayi, jangan biarkan rasa cemas mengganggu Anda dalam merawat si kecil sepenuhnya.
Mengganti popok
Cara mengganti popok pada sebagian besar bayi sering kali sama. Akan tetapi, dalam sejumlah kasus, ada cara lain untuk mengganti popok. Anda harus fleksibel dan memilih cara paling nyaman untuk Anda dan bayi Anda.
Mungkin terasa tidak nyaman untuk kali pertama, tapi Anda lama-lama akan bisa mengganti popok di ruangan gelap, meskipun Anda sambil setengah tertidur atau mengantuk.
Memandikan bayi
Pada masa perkembangan bayi 1 minggu ini, Anda bisa memandikan bayi setelah mengganti popok dan menyusui. Tidak harus memandikan bayi Anda setiap hari. Dalam beberapa minggu pertama, Anda harus memandikan bayi 2-3 kali seminggu.
Gunakan handuk dan bersihkan bagian yang penting seperti wajah, leher, lengan, dan pantat setiap hari. Anda bisa memandikan bayi jam berapapun dalam satu hari. Bila bayi Anda terlalu rewel, mandi di malam hari akan membantu menenangkan bayi Anda sebelum tidur.
Mencuci rambut
Tidak perlu mencuci rambut bayi secara teratur. Mencuci rambut sekali atau 2 kali seminggu adalah waktu terbaik, jika kulit kepala tidak berminyak dan tidak perlu lebih sering dicuci.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus saya perhatikan?

Pada perkembangan bayi 1 minggu ini, bayi memang butuh banyak perhatian. Namun kadang ibu suka khawatir bila bayi terlalu banyak tidur. Jangan khawatir, ini adalah reaksi alami bayi yang baru lahir. Seperti Anda, bayi Anda juga baru saja menempuh proses kelahiran. Anda dan bayi telah bekerja keras, jadi, bayi banyak tidur di bulan pertama adalah hal yang wajar. Jam tidur bayi perlahan akan berkurang dan dia pun nantinya akan menjadi lebih aktif.
Dalam beberapa minggu pertama, kemungkinan bayi akan muntah (gumoh) dan mengalami kesulitan bernapas. Lendir atau cairan di dalam paru-paru adalah penyebabnya. Jangan takut karena bila bayi terlihat seperti mau muntah atau mengeluarkan suara saat bernapas, dia sedang mencoba membersihkan saluran udaranya supaya bisa bernapas lebih baik. Namun kondisi ini biasanya segera membaik dengan cepat.
Bagaimana perkembangan bayi Anda di minggu selanjutnya?