Perkembangan Bayi di Usia 40 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 40 Minggu


Bagaimana seharusnya perkembangan bayi di minggu 40?

Sifat bayi Anda baru benar-benar mulai muncul sekarang. Bayi mungkin sangat supel, selalu tersenyum lebar kepada siapapun yang dia jumpai, atau sedikit lebih pemalu, menyembunyikan wajahnya ketika orang asing yang bermaksud baik mencoba mendekatinya. Bayi Anda mungkin menerjang dengan berani atau menilai situasi dengan teliti sebelum menerima orang lain. Bayi bahkan mungkin kalem atau suasana hatinya berubah drastis dengan cepat.
Bayi akan membuat gerakan untuk menarik perhatian Anda dan bahkan mungkin melambaikan tangan ketika melihat Anda berjalan menuju pintu.
Di minggu terakhir bulan ke-10, bayi mampu:
  • Bermain bola (menggulingkan bola kembali ke Anda)
  • Minum dengan gelas sendiri
  • Mengambil benda kecil dengan ujung jempol dan telunjuk (jauhkan benda berbahaya dari jangkauan bayi)
  • Berdiri selama beberapa saat
  • Berdiri dengan baik
  • Berkata “dada” atau “mama” tanpa henti
  • Merespon perintah satu langkah dengan gerakan (misalnya saat Anda berkata “berikan pada mama”, dengan mengulurkan tangan)
Pelajari beberapa permainan baru di bawah ini:
  • Cilukba
  • Bertepuk tangan
  • Bernyanyi dan menari
  • Mata, hidung, mulut
  • Permainan lainnya.

Kesehatan Bayi Usia 40 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 40?

Setiap dokter akan memiliki pendekatan tersendiri untuk memeriksa bayi. Urutan pemeriksaan fisik, jumlah dan jenis teknik penilaian dan prosedur juga akan bervariasi tergantung kebutuhan individu anak. Anda bisa mengharapkan hal-hal ini dalam pemeriksaan:
  • Panduan tentang apa yang diharapkan di bulan selanjutnya terkait dengan topik macam memberi makan, tidur, perkembangan dan keselamatan anak.
  • Berikan pertanyaan yang Anda buat sebelumnya, jika dokter belum memberikan jawaban, misalnya: Makanan baru apa yang harus dikenalkan kepada bayi? Kapan bisa mengenalkan jeruk, ikan, daging, dan putih telur jika bayi belum siap? Kapan harus mempertimbangkan menyapih, jika bayi masih minum susu botol atau ASI?

Merawat bayi usia 40 minggu

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:
Bayi tanpa gigi
Nikmatilah melihat senyuman bayi tanpa gigi kalau Anda masih bisa, dan yakinlah bahwa ada banyak bayi berusia 9 bulan tanpa gigi, bahkan ada yang sampai setahun masih belum tumbuh gigi sama sekali. Tapi akhirnya peri gigi akan muncul mengunjungi bayi. Walaupun rata-rata bayi tumbuh gigi pertamanya pada usia 7 bulan, kisarannya biasanya antara 2-12 bulan. Pertumbuhan gigi yang lambat biasanya merupakan bawaan, dan tidak berhubungan dengan perkembangan bayi. Gigi kedua mungkin akan tumbuh nantinya. Belum tumbuh gigitidak mengganggu bayi saat mengunyah makanan yang lebih padat karena gusi bisa digunakan untuk mengunyah.
Bayi tanpa rambut
Sama seperti tanpa gigi, tidak tumbuhnya rambut pada usia ini merupakan hal yang lumrah dan tidak permanen. Tanpa rambut tidak berarti bayi akan berambut tipis atau botak saat dia bertumbuh. Suatu hari rambut bayi akan tumbuh. Untuk sekarang, bersyukurlah bahwa Anda tidak harus repot merapikan rambut yang kusut saat mencuci dan menyisir rambutnya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 40 minggu?

Yang perlu diperhatikan pada minggu terakhir bulan ke-9:
Memberi makan bayi lebih mudah
Atur jam makan dengan benar. Biarkan bayi mengutarakan makanan kesukaannya dan yang tidak disukainya. Jangan memaksa bayi menghabiskan atau mencoba semua makanan. Beberapa kelakuannya hanya bersifat sementara. Jika memungkinkan, beri makan bayi di atas kursi tinggi, jauh dari pengalih perhatiannya seperti TVatau hewan peliharaan. Berikan bayi banyak perhatian dan sedikit melucu saat jam makan, atau mengobrol tentang makanan kecil yang sedang bayi kunyah dan berapa banyak yang tersisa di atas piringnya. Ini dapat membantu pengenalan benda dan perkembangan bahasa.
Bayi bisa memakan makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya, asalkan Anda memotong kecil-kecil atau menumbuk makanan sampai halus, dan makanan tidak mengandung bahan yang sering menyebabkan alergi atau masalah lainnya pada bayi. Selain itu, hindari memberi makanan yang terlalu panas karena dapat membakar lidahnya. Bayi bisa menjadi senang dengan semua rasa, dan mungkin akan tertarik pada makanan yang Anda makan hanya karena Anda sedang memakannya.
Ketika Anda memutuskan untuk makan di luar, pilih restoran yang menyediakan makanan bayi. Banyak restoran yang berorientasi terhadap keluarga, dengan kursi tinggi dan bahkan mainan tersedia. Bila Anda berpikir bahwa bayi akan sensitif terhadap lingkungan yang terlalu berisik, pertimbangkan baik-baik saat memilih tempat makan.
Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-41?