Jangan Asal Sikat! Begini Cara yang Benar Membersihkan Botol Susu Si Kecil

Jangan Asal Sikat! Begini Cara yang Benar Membersihkan Botol Susu Si Kecil

Kebersihan botol susu adalah salah satu faktor yang turut andil menjaga kesehatan si kecil. Maka itu, Anda tidak boleh asal mencucinya. Memang harus sampai bersih, tapi pastikan juga cara membersihkan botol susu bayi yang Anda lakukan juga sudah benar. Coba simak ulasannya berikut ini.

Cara membersihkan botol susu bayi yang baik dan benar

Setelah Anda tahu bagaimana caranya memilih botol susu terbaik buat anak, yang perlu Anda cari tahu selanjutnya adalah cara membersihkan botol tersebut. Sisa susu pada botol bisa memicu pertumbuhan bakteri sehingga Anda harus mencucinya hingga benar-benar steril.
Nah, supaya tidak bingung, ikuti beberapa cara membersihkan botol susu bayi dengan baik dengan benar, di antaranya:

Jika cuci botol pakai tangan…

Langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mencuci botol dengan tangan, yaitu:
  • Cuci tangan Anda lebih dahulu dengan sabun sambil menggosok sela-sela jari selama 20 detik. Kemudian, bilas dengan air mengalir.
  • Ambil botol susu dan pisahkan semua bagian botol, seperti botolnya, dot (puting), tutup botol, dan katup botol.
  • Bilas bagian dalam botol dengan air bersih mengalir. Kemudian, tempatkan semua bagian botol  susu di wadah yang sebelumnya diisi air panas.
  • Kemudian, sikat semua bagian botol dengan sabun dengan bantuan scrub pembersih bertangkai khusus untuk membersihkan botol.  Untuk membersihkan dot bayi, tekan-tekan dot tersebut dengan jari Anda di bawah aliran air.
  • Bilas kembali dengan air mengalir hingga bersih dari sabun. Lalu, tempatkan pada wadah yang bersih dan keringkan dengan handuk bersih atau biarkan kering dengan sendirinya.

Jika mencuci botol susu dengan mesin khusus…

Selain pakai tangan, Anda sebenarnya bisa saja mencuci botok susu bayi menggunakan alat pencuci khusus yang dijual di pasaran. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  • Pisahkan semua bagian botol susu, mulai dari tutup hingga dotnya.
  • Bilas dulu semua bagian botol dengan air mengalir.
  • Letakkan semua bagian botol dalam mesin pencuci. Untuk benda-benda yang kecil sebaiknya masukkan ke dalam keranjang tertutup. Kemudian, isi mesin dengan air panas dan nyalakanmode pembersihannya. Jangan lupa atur pengaturan sanitasinya (pengeringan dan pemanasan untuk membunuh kuman lebih efektif).
  • Ketika sudah selesai, angkat semua bagian botol dari mesin cuci dan letakkan di atas handuk bersih.

Proses sanitasi untuk membunuh kuman yang masih menempel

Sanitasi atau sterilisasi botol perlu dilakukan untuk bayi yang usianya di bawah 3 bulan, lahir prematur, atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.
Anda bisa melakukan sterilisasi sebelum mencuci botol susu dengan cara:
  • Lepaskan setiap bagian botol (badan botol, karet penahan dot, dan dot susunya) kemudian masukkan semua dalam panci berisi air mendidih selama 5 menit.
  • Kemudian, angkat dengan penjepit yang bersih.
  • Masukkan setiap bagian botol ke dalam microwave selama 30 detik untuk dihangatkan.
  • Selama menunggu, larutkan 2 sdt larutan pemutih khusus untuk botol susu bayi sebanyak 2 sendok teh dalam baskom bersih berisi air hangat. Lalu rendam semua bagian botol selama 2 menit.