Perkembangan Bayi di Usia 12 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 12 Minggu


Bagaimana perkembangan bayi 12 minggu?

Pada tahap ini, Anda akan menyadari betapa cepat pertumbuhan bayi Anda. Berikut berbagai perkembangan bayi 12 minggu yang harus Anda ketahui:
  • Tertawa
  • Memainkan jari-jarinya dengan cara membuka dan menutup jari serta memasukkan jari ke dalam mulut
  • Mencubit
  • Mendadang lebih kencang
  • Saat menelungkup, bisa mengangkat kepala sampai 90 derajat
  • Mengeluarkan suara dan sesekali berteriak dengan suara khas bayi
  • Mengikuti benda sejauh 15 cm dari posisinya dan memalingkan wajah 180 derajat (dari satu sisi ke sisi lain)

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya?

Membacakan dongeng adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung perkembangan bayi 12 minggu. Dengan mendengarkan suara Anda saat berdongeng, hal ini bisa membantu merangsang telinga bayi dalam menyesuaikan ritme dari kata-kata yang Anda lontarkan.
Mengubah nada saat membaca, berbicara dengan aksen, dan menyanyikan lagu untuk bayi juga akan membantu membuat interaksi antara Anda dan bayi Anda menjadi lebih menarik.
Jika bayi hanya melihat ke arah lain atau tidak tertarik saat Anda sedang membacakan cerita, biarkan dia beristirahat sejenak. Anda perlu memberikan perhatian juga pada reaksi bayi.
Ada banyak buku bagus yang bisa Anda bacakan untuk bayi. Pilih buku dengan gambar yang besar, karakter yang cerdas dan sederhana, atau buku yang hanya berisikan gambar sehingga Anda bisa menjabarkannya untuk bayi.
Anda bisa menciptakan suasana positif untuk bayi dengan cara:
  • Memeluk bayi
  • Berinteraksi dengan bayi
  • Berbicara dengannya
  • Membuat bayi tenang dengan bermain
  • Ciptakan ruang terpisah untuk bayi
  • Turuti minat bayi

Kesehatan Bayi Usia 12 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 12 minggu?

Jumlah dan jenis pemeriksaan teknis dan prosedur yang akan dilakukan dokter beda-beda, tergantung kondisi si kecil. Namun beberapa pemeriksaan yang umum dilakukan dokter pada bayi usia 12 minggu adalah:
  • Dokter akan memeriksa berat dan tinggi badannya, serta lingkar kepala bayi untuk memastikan bayi tumbuh dengan baik
  • Pemeriksaan penglihatan, pendengaran, jantung dan paru-paru, dada dan punggung, untuk memastikan bayi sehat dan mencapai perkembangan selanjutnya
  • Anda juga harus menaruh perhatian pada masalah kesehatan lainnya, seperti pola makannya.
Catat informasi dan arahan dokter, serta informasi penting macam berat dan tinggi badan, lingkar kepala, tanda lahir, imunisasi, penyakit, obat-obatan yang diberikan, dan hasil tes dalam catatan kesehatan bayi.

Apa yang harus saya ketahui saat menghadapi perkembangan bayi 12 minggu?

Kepala bayi rata


Bila kepala bayi Anda rata (peyang), ini mungkin karena bayi tidur terlalu lama pada posisi yang sama. Saat bayi lahir, tengkorak bayi sangat lunak dan fleksibel, sehingga ketika berbaring terlentang pada malam hari, kepala bayi bisa menjadi datar pada posisi tersebut.
Namun, jangan khawatir. Dalam sebagian besar kasus, sedatar apapun kepala bayi, akan kembali seperti semula ketika anak mulai merangkak dan duduk.
Namun, untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja, Anda harus membawanya ke dokter saraf anak atau spesialis craniofacial untuk menentukan apakah hal bayi Anda perlu pengobatan khusus atau tidak.
Jika kasusnya tidak serius, dokter mungkin menyuruh Anda mencoba beberapa metode perawatan rumahan, seperti membiarkan bayi dalam posisi telungkup (saat terjaga dan diawasi orangtua) untuk memperkuat otot lehernya.

Kebotakan atau rambut rontok


Bayi memiliki kebiasaan yang tidak disadari dapat menyebabkan masalah pertumbuhan rambut seperti kebotakan atau rambut rontok. Beberapa kebiasaan tersebut misalnya bayi sering berada dalam posisi telentang. Kondisi ini biasanya akan berkurang saat bayi bertambah besar dan mengubah kebiasaan di atas.
Sulit untuk memprediksi kapan rambut bayi akan tumbuh kembali. Pasalnya pertumbuhan rambut berbeda-beda pada setiap bayi. Sejumlah rambut bayi akan kembali tumbuh secepatnya setelah rontok, sementara bayi lainnya membutuhkan waktu lebih lama.

Hernia


Hernia biasanya dialami hanya pada orang dewasa akibat membawa barang yang terlalu berat. Namun pada kenyataannya, anak kecil juga dapat mengalami hernia. Kondisi ini paling sering terjadi pada bayi laki-laki, bayi prematur dan kembar.
Gejala hernia pada bayi yang umum adalah munculnya benjolan seperti tumor di salah satu lipatan di antara paha dan perut, terutama saat bayi menangis atau marah.
Tumor sering mengecil saat bayi terdiam. Anak Anda mungkin juga menderita hernia skrotum ketika semua usus melorot sampai saluran skrotum yang menyebabkan pembengkakan skrotum.
Jika hernia bayi tidak diobati, kondisi ini bisa mengakibatkan tersumbatnya hernia oleh lapisan otot pada saluran inguinal, sehingga aliran darah dan proses pencernaan terganggu. Akibatnya, anak akan muntah, kesakitan, dan bahkan shock.
Apabila Anda melihat anak Anda mendadak menangis kesakitan, muntah dan tidak bisa buang air besar, periksakan ke dokter secepatnya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 12 minggu?

Anda harus pahami bahwa perkembangan bayi 12 minggu akan berbeda-beda. Membandingkan perkembangan anak Anda dengan anak lainnya justru akan membuat Anda khawatir dan mungkin mengecewakan, yang sebenarnya tidak perlu.
Jika Anda mencurigai bayi Anda menunjukkan perkembangan yang tidak wajar, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.