Perkembangan Bayi di Usia 23 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 23 Minggu







Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 23 minggu?

Berikut beberapa perkembangan bayi 23 minggu yang harus Anda ketahui
  • Duduk tanpa bantuan
  • Mendeteksi benda yang sangat kecil dan melacak benda yang bergerak
  • Mengenal objek bahkan saat hanya melihat sebagian, misalnya mainan favoritnya yang menyembul dari balik selimut
  • Menggapai benda di atas meja jika Anda membawanya ke meja terdekat.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 22 minggu?

Di minggu ke-23, bayi mulai belajar tentang warna. Membaca buku berwarna atau bermain dengan balok berwarna adalah cara yang terbaru untuk membantu bayi belajar tentang palet.
Bertepuk tangan, memberikan mainan bongkar pasang, atau mainan yang aman untuk diisap juga efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang benda dan bentuknya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 23?

Kebanyakan dokter tidak akan melakukan tes kesehatan bulan ini. Positifnya, ini berarti bayi tidak memiliki masalah serius. Sementara di sisi negatifnya, Anda tidak akan tahu seperti apa pertumbuhan bayi di usia ini.
Maka, siapkan sejumlah pertanyaan untuk pemeriksaan bulan depan. Namun, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter jika anak mengalami masalah tertentu yang tidak bisa ditunggu hingga kunjungan berikutnya. Akan tetapi jangan takut menghubungi dokter segera bila memiliki masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus saya ketahui saat perkembangan bayi 22 minggu?

Ada beberapa hal yang Anda ketahui:
1. Memahami grafik pertumbuhan si kecil
Dokter akan memantau pertumbuhan si kecil dengan mengukur berat badan, tinggi badan, serta lingkar kepala bayi. Setelah itu dokter akan membandingkan dengan data hasil bulan.
Jika terdapat perbedaan hasil ukurnya kurang dari kelompok usianya, ini mungkin tanda jika si kecil mengalami masalah kesehatan yang memengaruhi penyerapan gizinya. Dokter akan menggunakan laju pertumbuhan sebagai landasan untuk mempertimbangkan bagaimana perkembangan anak Anda dibandingkan dengan anak seusianya.
Jangan cemas bila bayi Anda tidak memenuhi kriteria pertambahan berat atau tinggi badan karena setiap bayi akan memiliki laju pertumbuhan yang berbeda-beda.
Bayi bisa berkembang dengan lambat selama periode ini, akan meningkat pada tahap berikutnya atau sebaliknya. Kecepatan perkembangan dan indeks massa tubuh mungkin tergantung genetik. Terlebih, kesehatan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, termasuk lingkungan, kepribadian, dan level aktivitas. Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki kecemasan.
2. Menarik telinga
Jari tangan dan tangan, telapak kaki dan kaki, serta telinga adalah semua bagian yang menimbulkan rasa ingin tahu. Bayi Anda akan mulai menjelajahi bagian tubuhnya.
Jika menarik-narik telinga saat dia sedang rewel dan demam, ia mungkin terkena infeksi telinga atau tumbuh gigi. Penting untuk memberi tahu dokter gejala apapun yang tidak normal.
3. Eksim
Bayi Anda mungkin menderita eksim, yaitu salah satu penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan gatal. Beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang eksim pada bayi di antaranya:
  • Rutin potong kuku bayi saat ia sedang tidur untuk mengurangi luka jika bayi mencakar bagian yang gatal.
  • Paparan sabun dan air berkepanjangan akan membuat kulit semakin kering, jadi batasi waktu mandi sampai sekitar 10-15 menit. Pastikan bayi menggunakan sabun khusus bayi yang lembut. Setelah mandi, pakaikan pelembap khusus untuk bayi.
  • Oleskan lotion pada kulit bayi untuk mengurangi gatal setelah mandi, saat kulitnya masih basah. Namun, Anda tidak boleh menggunakan minyak atau krim macam Vaseline untuk kulit bayi.
  • Lingkungan yang terlalu panas, dingin, atau kering bisa memperburuk eksim, hindari membawa bayi keluar cuaca sedang buruk. Jaga suhu ruangan, dan gunakan humidifier untuk menjaga udara tetap lembap.
  • Pakaikan pakaian yang terbuat dari katun. Hindari memakaikan pakaian dari benang sintetis, wol, dan yang terlalu tebal.
  • Jangan memberikan asupan makanan yang cenderung membuat gatal dan memperparah eksim. Tanyakan pada dokter makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi bayi.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan saat perkembangan bayi 23 minggu

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
1. Kursi tempat makan
Tidak ada cara yang benar-benar tepat untuk menyuapi bayi. Anda mungkin berpikir menyuapi bayi di atas pangkuan Anda adalah cara terbaik. Akan tetapi, bagi beberapa orang, cara ini mungkin bisa menjadi cara yang  tidak paling efisien.
Sebagai pilihan, Anda bisa pakai kursi makan khusus bayi yang dilengkapi dengan penyangga dan tali pengaman. Pastikan jik anak bisa duduk dengan cukup baik supaya menghindari terjatuh saat makan.
Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-24?