Perkembangan Balita di Usia 13 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 13 bulan?



Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 13?

Pada usia 13 bulan, anak Anda mungkin mengubah kebiasaan makannya. Ia mungkin tiba-tiba menjadi pilih-pilih makanan. Hal ini terdengar aneh namun sebenarnya normal. Ini waktu yang tepat untuk memulai mencoba jenis makanan yang berbeda atau mengenalkan kembali makanan yang sebelumnya tidak disukai. Artinya cita rasa anak Anda sedang berkembang. Anda dapat mencoba berbagai makanan atau bumbu. Anda hanya harus khawatir jika berat badannya turun dan ada gejala lain seperti demam atau diare. Hal ini berarti anak Anda tidak napsu makan akibat infeksi. Di saat seperti ini Anda harus menghubungi dokter.
Tidak hanya kebiasaan makan saja yang berubah, namun kebiasaan tidur juga dapat berubah. Ia dapat tidur lama dan bangun tiba-tiba saat tengah malam. Di usia antara 12-14 bulan, anak-anak mulai aktif bermimpi, dan mimpi dapat mengagetkan anak Anda lalu membuatnya bangun dan berteriak. Anda harus menemaninya hingga ia tertidur, dan hal ini pun akan segera berakhir.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 13?

Kadang-kadang memiliki anak yang pilih-pilih makanan sangat membuat stres. Jangan menekan anak Anda untuk makan lebih banyak. Namun, biarkan nafsu makannya yang menentukan seberapa banyak ia harus makan. Walaupun Anda tidak dapat mengendalikan jumlah makanan yang ia makan, Anda dapat menentukan apa yang ia makan. Selalu tawarkan berbagai makanan sehat. Jangan biarkan anak Anda konsumsi makanan ringan yang manis dan tidak sehat. Anda mungkin khawatir jika ia tidak cukup makan. Jangan cemas! Selama anak Anda berkembang, ia akan baik-baik saja.
Kebiasaan tidur yang baik penting untuk membuat anak Anda senang dan sehat. Atur waktu tidur dan buatlah rutinitas. Rutinitas sebelum tidur dapat berupa ke toilet, minum segelas susu, menggosok gigi, dan mendengarkan dongeng. Anak Anda mungkin akan menolak awalnya, namun setelah beberapa minggu ia akan meminta dongeng sebelum tidur. Anda dapat membeli sepatu untuk anak Anda, tidak hanya kaos kaki seperti sebelumnya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 13?

Anda mungkin sudah kontrol saat usia 1 tahun. Jika belum, bulan ini adalah waktu yang baik untuk kontrol. Anda harus memberitahukan dokter mengenai perubahan diet, kebiasaan tidur, atau kebiasaan perilaku anak Anda.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 13?

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi. Ini alasan mengapa dokter menyarankan untuk menunggu hingga anak Anda berusia 1 tahun sebelum memperkenalkannya pada makanan yang mungkin bisa menimbulkan alergi. Saat ini anak Anda berusia 13 bulan. Anda dapat mulai perlahan mengenalkan makanan-makanan ini. Anda harus melakukan hal-hal berikut:
  • Mengetahui makanan yang dapat membuat alergi. Makanan ini yaitu telur, kacang, strawberi, madu, susu sapi, dan tomat.
  • Mulai satu makanan dalam satu waktu. Ini cara Anda untuk dapat melihat adanya reaksi. Biasanya Anda dapat memulai makanan baru setelah 4-5 hari mencoba satu jenis makanan tertentu.
  • Gunakan buku harian. Hal ini penting untuk mengetahui adanya reaksi terhadap makanan tertentu. Reaksi ini bisa merupakan reaksi alergi makanan namun bisa juga bukan. Anda dapat membawa buku harian makanan pada dokter untuk dievaluasi.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 13?

Anda mungkin khawatir jika anak Anda jatuh atau membentur sesuatu. Jangan terlalu melindungi anak Anda. Ia akan terbentur dan memar. Ini adalah bagian dari hidup. Ia akan belajar untuk lebih berhati-hati. Cara terbaik untuk mendukung anak Anda yaitu membebaskannya bermain. Hal ini akan membantu perkembangannya. Bermain dan jatuh akan membantu anak belajar mengenai tubuh dan lingkungannya. Ini akan mengajarkannya bagaimana cara bangkit kembali saat ia terjatuh, karena saat ia dewasa nanti, ia mungkin tak akan lagi bisa menangis dan memanggil ibunya saat jatuh.
Cari tahu apa yang ia dapat lakukan bulan depan!