Perkembangan Balita di Usia 15 bulan?

Perkembangan Balita di Usia 15 bulan?


Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 15?

Anak Anda saat ini berusia 15 bulan. Saat ini mungkin anak Anda sudah berjalan atau melakukan langkah pertamanya. Buatlah ruang untuk ia berjalan. Tidak masalah jika ia terjatuh. Ini cara ia belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya. Anda dapat membantunya dengan membiarkannya mendorong kotak atau kereta bayi. Ini akan membantu anak Anda mengembangkan kemampuan motoriknya.
Anda dapat melihat anak Anda menjadi lebih mandiri. Ia mungkin akan ingin duduk di sebelah Anda di meja makan, walaupun tetap pada kursi tingginya. Anda mungkin juga harus berjuang ekstra keras. Hal ini paling sering terjadi saat Anda harus mengganti popok, menggosok giginya, atau mendudukkannya di tempat duduk mobilnya. Jangan marah. Anak Anda sedang menunjukan kemandiriannya. Hal paling penting yang harus dilakukan yaitu jangan sampai Anda kehilangan kesabaran. Tetap tenang dan ubah kalimat perintah Anda menjadi sebuah ajakan. Misalnya daripada berkata: “Gosok gigimu!” Anda dapat berkata “Ayo bersenang-senang. Kita gosok gigi bersama.” Anda akan melihat perbedaan mood.
Balita 15 bulan, juga dapat melakukan hal berikut:
  • Mengucapkan minimal 3 kata
  • Mengerti perintah sederhana (“tidak,” “tolong berikan padaku”)
  • Menunjuk bagian tubuh
  • Mencoret-coret dengan krayon
  • Melempar bola, lari, mendaki
  • Berjalan sendiri

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 15?

Cara terbaik mendukung perkembangan anak Anda yaitu dengan terus membacakan buku untuk anak Anda. Ada beberapa anak yang dapat bertahan duduk di usia ini, namun beberapa tidak, jadi jangan menyerah jika anak Anda tidak tahan untuk tetap duduk saat sesi membaca. Tetap gigih. Tetap kenalkan buku pada anak Anda dan akhirnya ia akan senang duduk dan mendengarkan cerita. Lama kelamaan, membaca merupakan salah satu aktivitas berharga untuk kalian berdua. Balita sering ingin mendengarkan cerita yang sama lagi dan lagi. Pengulangan membantu mereka belajar kata-kata, dan terbiasa dengan cerita – “Aha! Aku tahu apa yang akan terjadi dalam cerita ini!” – sangat menenangkan bagi mereka.
Jika anak Anda memiliki kepribadian menyendiri, jangan menyebutnya “pemalu”. Ia mungkin lambat akrab dengan orang lain namun kebanyakan balita kadang-kadang bersikap malu, khususnya pada situasi baru. Cemas akan perpisahan dapat mempengaruhi perilaku sosial baik pada balita yang supel maupun yang pemalu.
Pada keadaan sosial penuh stres, beri tahu ia bahwa Anda mengerti. Pegang tangannya dan katakan “Ramai sekali pesta ini, bukan?” Berikan padanya waktu lebih untuk pemanasan tanpa memaksanya bersosialisasi, dan pujilah saat ia mulai bersosialisasi dan tak usah menyebut atau bertanya-tanya kenapa ia menyendiri atau malu.
Untuk mendorong perkembangan fisik anak, cobalah melempar bola ke dinding dan saat bola kembali tunjukan padanya cara menangkap bola. Ia mungkin tidak selalu dapat menangkapnya, namun ia akan merasa senang saat mencoba mengejarnya.
Untuk mencegah kebiasaan menggigit, terutama jika ia menggigit anak lain, pertama pastikan anak yang digigit baik-baik saja. Tetap tenang dengan kedua anak. Tak ada untungnya jika Anda berteriak atau menghukum anak yang menggigit, karena ia belum bisa mengontrol emosinya. Faktanya, anak yang menggigit biasanya menangis lebih keras daripada yang digigit. Perhatikan apa yang terjadi saat kejadian. Apakah anak Anda diancam atau tempatnya diambil? Apakah hal ini terjadi dekat dengan waktu tidur siang? Anda dapat mencegah terjadinya masalah jika Anda mengetahui pemicunya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 15?

Ini adalah waktu kontrol anak 15 bulan Anda. Dokter mungkin menanyakan pertanyaan berikut ini:
  • Bagaimana napsu makan anak Anda? Berapa kali anak Anda makan dan mengemil dalam sehari?
  • Apakah BAB-nya teratur? Apakah BAB-nya berubah dengan makanan tertentu?
  • Bagaimana jadwal tidur dan tidur siangnya? Anak 1-2 tahun masih membutuhkan 13-14 jam tidur sehari.
Pertanyaan ini akan membantu dokter menilai perkembangan dan kesehatannya. Anda harus diskusikan hal-hal tambahan yang Anda khawatirkan.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 15?

Selama bulan ini, anak Anda akan tumbuh cepat. Saat berusia 15 bulan, hasil pengukuran anak Anda yaitu:
  • Berat badan: 9.2kg hingga 13.6kg (laki-laki), 8.6kg hingga 12.5kg (perempuan)
  • Tinggi badan: 74cm hingga 84cm (laki-laki), 73cm hingga 83cm (perempuan)
  • Lingkar kepala: 45cm hingga 50cm (laki-laki), 44cm hingga 48cm (perempuan).
Grafik pertumbuhan akan menunjukan gambaran umum dari perkembangan fisik anak Anda. Dokter anak akan mengukur berat dan tinggi badan, serta lingkar kepala anak Anda untuk memastikan ia tumbuh sehat dalam kecepatan yang tetap, dan membandingkan hasil pengukuran anak Anda dengan anak usia 15 bulan lainnya.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 15?

Anda mungkin khawatir mengenai cara mengatasi anak Anda yang suka menggigit. Tentu ini adalah kebiasaan buruk. Alasan anak Anda menggigit karena ia merasa terancam. Ia tidak tahu cara berkomunikasi. Naluri yang paling alami yaitu dengan menggigit.
Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan anak yang digigit baik-baik saja. Lalu dengan tegas katakan pada anak Anda, “Jangan menggigit.” Tidak perlu berteriak. Lalu coba mengerti mengapa anak Anda merasa terancam. Kadang-kadang anak yang menggigit menangis lebih kencang dari yang digigit. Jangan menggigit anak Anda untuk menunjukan rasanya digigit. Ini hanya akan memberikan pesan bahwa menggigit itu tidak masalah.
Mari kita lihat bagaimana anak Anda berkembang bulan depan.