Perkembangan Bayi di Usia 28 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 28 Minggu


Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 28 minggu saya?

Pada tahap perkembangan bayi 28 minggu ini, anak cenderung tertarik dengan boneka berbentuk seperti hewan atau mainan lainnya. Bermain dengan boneka hewan adalah awal mula tumbuhnya kemandirian bayi.
Dengan kata lain, anak sedang belajar memisahkan diri dari Anda dan perlahan menjadi lebih mandiri. Jika Anda ingin menambahkan anggota baru dalam keluarga berupa boneka beruang, carilah boneka yang  berbahan lembut dan tidak banyak jahitan, kancing atau bola-bola pada boneka
Bayi mungkin juga akan bermain dengan boneka bola atau dengan boneka berukuran besar. Salah satu cara mengetahui apakah anak memiliki mainan favorit adalah dengan mencoba mengambilnya. Bila mereka protes dengan keras, berarti mungkin itu adalah mainan favoritnya.
Pada usia perkembangan bayi 28 minggu ini, umumnya anak sudah akan mampu:
  • Menjadi lebih kuat serta merangkak
  • Bisa berdiri dari posisi duduk
  • Berubah dari merangkak ke postur duduk
  • Mengambil benda kecil dengan bagian jempol dan jari lainnya (jauhkan dari anak)
  • Berkata “mama” atau “dada”
Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya?
Pada tahap perkembangan bayi 28 minggu, kemungkinan anak Anda sudah bisa menahan beban di atas kakinya dan mulai suka menari, ini bisa memperkuat otot untuk nantinya ia bergerak. Pegang lengan bagian bawah dan siku bayi dan bantu bayi berdiri di atas lantai atau pangkuan Anda.
Anda mungkin akan harus membantu bayi mulai bergerak dengan mengangkatnya ke atas lantai atau ke atas paha Anda. Untuk mendorong perkembangan bayi 28 minggu lebih optimal, tes dengan cara menaruh mainan jauh dari jangkauan bayi dan amati bagaimana dia mencoba mendapatkannya.
Jika dia menangis karena tidak bisa mendapatkan apa yang dia inginkan, tetap dorong dia daripada langsung memberikannya. Bayi menangis untuk meluapkan rasa frustasinya dan akan cepat menjadi lebih percaya diri jika ia bisa melakukannya sendiri.
Setelah melakukan beberapa usaha, bayi akan dapat maju meraih mainan dan kembali ke posisi semula. Lalu, dia akan merangkak bolak-balik dengan lutut dan tangan (atau mendorong untuk bergerak dengan perutnya) atau bahkan berguling. Anda bisa membantu bayi bergerak lebih mudah dengan memakaikan pakaian yang longgar dan nyaman.

Kesehatan Bayi Usia 28 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter?

Pada usia perkembangan bayi 28 minggu ini, nantinya dokter akan melakukan tes fisik secara keseluruhan, menggunakan teknik diagnosis dan prosedur implementasi yang berbeda-beda. Dokter atau perawat akan memeriksa semua atau sebagian hal berikut:
  • Mengukur konsentrasi hemoglobin atau hematocrit untuk memeriksa anemia (biasanya dengan jarum di atas jari), terutama bagi bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.
  • Memberikan panduan tentang apa yang akan terjadi di bulan selanjutnya terkait dengan makanan, tidur, perkembangan dan keselamatan bayi.
Apa yang harus saya ketahui?
Ada beberapa hal yang Anda ketahui pada usia perkembangan bayi 28 minggu:
1. Menu vegetarian untuk bayi
Pada usia perkembangan bayi 28 minggu ini. tubuh bayi mungkin sudah bisa menyerap semua vitamin, mineral, protein dari makanan sayuran yang nutrisinya seimbang. Bayi berusia 6 bulan sudah bisa mendapatkan nutrisi tambahan dari ASI atau susu formula dan makanan padat macam sereal, buah yang dilunakkan, jus dan sayuran.
Makanan dengan gizi seimbang sangat penting bagi anak.. Bayi akan memerlukan protein untuk meningkatkan kemampuan berkembang dan pemulihan luka. Jadi, dengan diet tanpa daging, Anda akan harus menemukan makanan penggantinya. Jika Anda ingin memberikan makanan vegetarian, ingat bahwa vegetarian biasanya kekurangan zat besi, jadi pastikan bahwa ada makanan kaya zat besi seperti gandum utuh dan sayuran hijau macam bayam dalam menu vegetarian bayi. Pastikan bayi Anda cukup vitamin B12 dan D, riboflavin, kalsium, dan seng melalui makanan harian.
Makanan pengganti daging dan ayam yang cocok untuk bayi sebagai makanan padat termasuk keju, tahu, kacang-kacangan (matang dan ditumbuk halus), gandum utuh, dan (roti, pasta, nasi, dan sereal) bergizi, yogurt dan keju.
2. Diet garam
Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga perlu garam. Namun, bayi tidak memerlukan terlalu banyak garam. Faktanya, ginjal bayi tidak bisa mencernanya dengan baik jika terlalu banyak, mungkin adalah alasan bayi butuh ASI, minuman yang sangat rendah akan sodium. Diet kaya garam bisa menciptakah kebiasaan makan garam anak sepanjang hidupnya.
Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa makanan tidak akan membuat bayi tertarik jika tidak ditaburkan garam. Berikan kesempatan bagi pengecap bayi untuk menemukan jenis makanan tanpa garam dan kemungkinan ia akan cocok makan makanan sehat rendah garam sepanjang hidupnya.
Untuk memastikan apakah dia makan cukup garam, bacalah label makanan secara teratur. Produk macam roti dan sereal sarapan, kue, dan biskuit bisa mengandung banyak sodium. Ketika membeli makanan bayi, pastikan Anda selalu memilih makanan kurang dari 50 mg garam per sajian.
3. Berikan vitamin atau suplemen
Ketika bayi berusia 6 bulan, bayi memerlukan lebih banyak suplemen zat besi. Untungnya, beberapa makanan biji-bijian seperti sereal gandum guna menjadi sumber pengganti zat besi. Konsultasikanlah kepada dokter tentang suplemen zat besi mana yang cocok bagi anak.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus saya perhatikan?

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang mungkin harus Anda perhatikan pada perkembangan bayi 28 minggu:
Menemukan sepatu yang pas untuk bayi
Dalam fase perkembangan ini, bayi masih harus telanjang kaki. Namun, tidak ada salahnya memakaikan sepatu pada bayi pada kesempatan tertentu- selama sepatu itu cocok untuknya. Sepatu untuk bayi harus ringan, terbuat dari bahan yang nyaman (kulit atau katun, bukan plastik), dengan sol sepatu yang fleksibel sehingga Anda bisa merasakan telapak kaki bayi di dalamnya.
Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-29?